Palembang Sriwijaya Clasico Destination   Leave a comment

Palembang – Dibelah Sungai Musi, Palembang di Sumatera Selatan adalah destinasi wisata utama di Sumatera. Jembatan Ampera dan pempek hanya secuil dari pesona kota ini, masih banyak tempat keren lain. Intinya, Anda harus liburan ke Palembang!

Sejarah peradaban di Palembang menggurat panjang sejak Kerajaan Sriwijaya dan menjadikan kota ini kaya dengan aneka ragam jenis wisata yang dicari wisatawan, dari wisata sejarah, kuliner, belanjar, religi, sampai wisata alam. Seperti banyak juga kota-kota di Asia yang dibelah sungai besar, Palembang ikut berjuluk Venesia dari Timur.

Kota terbesar kedua di Sumatera ini harus menjadi destinasi liburan Anda berikutnya. Jembatan Ampera yang begitu ikonik dan pempek, makanan paling tersohor dari Palembang, adalah magnet para wisatawan. Namun banyak hal yang bisa dilakukan di sana.

Travel Highlight Palembang mengupas serba-serbi liburan ke sana yang bisa membantu Anda menyiapkan sebuah liburan yang asyik. Simak saja bagaimana Anda bisa bepergian ke sana mulai dari bus, kereta di Sumatera sampai dengan pesawat terbang. Untuk akomodasi, Palembang punya banyak pilihan sesuai isi kantung.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang ingin Anda kerjakan di sana. Jawabannya, banyak banget! Kunjungi destinasi wajibnya seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, dan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II. Mau tahu betapa hebatnya Kerajaan Sriwijaya di masa silam, datanglah ke Bukit Siguntang dan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya.

Untuk wisata alam, Palembang punya Agrowisata Bina Darma, Taman Wisata Alam Punti Kayu dan Danau Opi. Atau, Anda mungkin ingin melihat kompleks olahraga mewah di Jakabaring, kenapa tidak?

Nikmati juga Palembang yang multikultural! Menjelang Imlek begini, mampirlah ke Kampung Kapitan kantung pemukiman etnis Tionghoa yang bersejarah. Datang juga ke Kelenteng Kwan Im alias Soei Goeat Kiang, pasti ramai. Mau lihat pagoda, silakan datang ke Pulau Kemaro.

Lengkapi juga liburan Anda di Palembang dengan memanjakan lidah. Palembang adalah surga wisata kuliner. Mulai dari pinggir Sungai Musi, jangan cuma naik perahu ketek saja, nikmati aneka penjual makanan lezat. Datangi juga sentra kuliner yang tersebar di berbagai sudut kota.

Pempek, mie celor, celimpungan, brangkes tempoyak, pindang pating dan lain-lain. Pastikan semua Anda coba saat liburan di sana.

Sebelum pulang, beli oleh-oleh deh! Mulai dari Pasar 16 Ilir Barat Permai sampai oulet Nyenyes. Bawa pulanglah buah tangan seperti kemplang, kain songket beraneka model, pempek, sampai aneka kaus keren bertema Palembang.

Masih kurang alasan untuk traveling ke Palembang? Ayo cari tiket transportasi terbaik, dan jadwalkan liburan Anda ke sana. Wong Palembang sudah menunggu Anda!

Kalau ada pepatah yang mengatakan ‘Banyak Jalan Menuju Roma’, begitu pula dengan Palembang. Ibukota Sumatera Selatan bisa turis capai dengan banyak jalan, mulai dari darat, laut hingga udara.

Gambarinilah aneka transportasi yang bisa traveler pilih untuk mencapai Palembang

1. Bus

Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) saat ini sudah tersedia banyak, terutama dari Jakarta. Salah satu kota yang dituju bus AKAP adalah Palembang di Sumatera Selatan.

Jika Anda salah satu traveler yang ingin jalan-jalan ke Palembang melalui jalur darat, bus Kramat Jati bisa menjadi pilihan. Bus Kramat Jati dari Jakarta tersedia di beberapa terminal, antara lain Terminal Pinang Ranti, Kampung Rambutan, Tanjung Priok, Pulo Gadung, Rawamangun, Grogol dan Kalideres.

“Kalau dari Lebak Bulus berangkat jam 14.00 WIB, kalau lancar jam 06.00 WIB besoknya sudah tiba,” kata salah satu pegawai bus Kramat Jati, Sari saat dihubungi detikTravel.

Bus Kramat Jati tujuan Jakarta-Palembang bisa Anda naiki dengan membeli tiket seharga Rp 170.000/orang.

“Busnya VIP, fasilitasnya bangku 2-2, ada bantal, selimut, toilet, dan smoking room,” tambah Sari.

Selain Kramat Jati, bus lain yang juga melayani rute Jakarta-Palembang adalah Pahala Kencana. Sama seperti Kramat Jati, bus Pahala Kencana tersedia di beberapa terminal, seperti Lebak Bulus dan Rawamangun.

“Kalau dari Rawamangun jalan jam 14.00 WIB, kira-kira sampainya jam 11.00 besoknya,” kata pegawai Pahala Kencana, Hilda kepada detikTravel.

Cukup dengan membeli tiket seharga Rp 220.000/orang, Anda sudah bisa duduk di dalam bus eksekutif Pahala Kencana. Selain itu, masih ada bus Lorena.

“Lorena ada yang dari Jakarta-Palembang, ada yang dari Rawamangun ada Lebak Bulus,” kata petugas Lorena, Sari.

Para calon penumpang Lorena bisa memilih untuk naik bus eksekutif atau pun VIP. “Kalau VIP itu tempat duduknya 40, kalau eksekutif ada 30 bangku,” jelas Sari.

Jika ingin naik bus eksekutif, Anda akan diminta membayar tiket Rp 280.000/orang. Sedangkan bus VIP dikenai harga Rp 225.000/orang.

“Bus dari Rawamangun jalan pukul 12.00 WIB,” tambah Sari.

2. Kapal disambung kereta api

Selain bus, masih ada jenis transportasi lain yang bisa Anda pilih untuk menuju Palembang, yaitu kapal. Hanya saja, kapal milik Pelni dengan rute Jakarta-Palembang belum ada, seperti yang dikatakan Call Center Pelni saat dihubungi detikTravel.

Jika ingin menggunakan kapal, traveler bisa naik kapal ferri dari Pelabuhan Merak di Banten menuju Bakauheni di Lampung. Ada banyak kapal yang tersedia untuk membawa banyak penumpang menuju Bakauheni.

Untuk penumpang dewasa tanpa membawa kendaraan, bisa naik dengan membayar Rp 11.500/orang, dan anak-anak seharga Rp 7.000/orang. Namun, jika Anda membawa kendaraan, maka penumpang harus membayar lebih.

Kendaraan golongan II, yaitu motor dengan kapasitas kurang dari 500 cc dikenai biaya Rp 32.500/motor. Sedangkan penumpang dengan kapasitas lebih dari 500 cc dikenai biaya Rp 78.500/motor. Untuk Anda yang membawa mobil, maka akan diminta membayar lebih Rp 232.500/mobil, seperti yang ditulis dalam situs PT ASDP Indonesia Ferry.

Setelah tiba di Bakauheni, penumpang yang membawa kendaraan bisa terus memacu mobil/motor yang dimiliki untuk mencapai Palembang. Lalu bagaimana yang tidak?

Lampung memiliki kereta api yang melayani rute Lampung-Palembang. Traveler bisa naik dari Stasiun Kotabumi di Lampung menuju Stasiun Kertapati di Palembang. Kereta berangkat pada pukul 22.36 WIB dan tiba di Palembang pada pukul 04.53 WIB.

Kereta yang melayani rute ini adalah Sriwijaya II. Ada beberapa jenis kelas yang bisa dipilih, yaitu eksekutif dan bisnis. Untuk eksekutif, turis diminta membeli tiket seharga Rp 125.000/orang, sedangkan penumpang kelas bisnis dikenai biaya Rp 75.000/orang.

3. Pesawat

Jalur terakhir yang bisa menghubungkan traveler dari Jakarta menuju Palembang adalah udara. Anda bisa berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang.

Ada 3 maskapai yang melayani rute Jakarta-Palembang, yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Lion Air. Dari ketiganya, maskapai yang memiliki jam penerbangan paling banyak adalah Garuda Airlines.

Jika diasumsikan berangkat pada akhir bulan ini, Garuda Indonesia mematok tiket mulai Rp 447.000/orang untuk kelas ekonomi. Maskapai Nasional ini memulai penerbangan pertamanya pada pukul 05.50 WIB, dan penerbangan terakhir pada pukul 20.00 WIB, seperti yang tertulis dalam situs resminya.

Selanjutnya ada Lion Air. Maskapai yang memiliki lambang singa merah ini memiliki 9 jadwal penerbangan dari Jakarta-Palembang setiap harinya. Untuk akhir bulan ini, Lion Air mematok harga mulai Rp 384.500/orang untuk kelas ekonomi.

Lion Air memulai penerbangan pada pukul 06.00 WIB. Sedangkan penerbangan terakhir Lion Air dari Jakarta-Palembang ada pada pukul 21.00 WIB.

Maskapai terakhir yang juga melayani rute penerbangan Jakarta-Palembang adalah Sriwijaya Air. Maskapai asal Sumatera Selatan ini memiliki 4 penerbangan setiap hari, mulai pukul 06.30 dan penerbangan terakhir pada pukul 19.00 WIB. Jika tertarik, Sriwijaya Air membuka harga tiket penerbangan mulai Rp 370.000/orang.

Cek selalu informasi dari maskapai terkait. Harga tiket pesawat sangat fluktuatif tergantung waktu keberangkatan.

Posted Februari 7, 2013 by Mubawisata in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: