Promosi Sungai Musi Sebagai Wisata Sungai   Leave a comment

 

Image

Untuk pertama kalinya gelaran Musi Triboatlon 2012 berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan pada 6-11 November mendatang. Musi Triboatton 2012 adalah program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang didukung pemerintah Sulawesi Selatan selaku tuan rumah. Kegiatan ini merupakan salah satu usaha mempromosikan potensi pariwisata, khususnya di Sumatera Selatan melalui olah raga (sport and tourism), yaitu lomba dayung.

Musi Triboatton 2012 akan diikuti 15 tim peserta baik dari dalam maupun luar negeri, lima tim di antaranya dari Indonesia. Negara lain yang mengirim wakilnya pada ajang dayung yang baru pertama kali digelar ini adalah Jepang, Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Taiwan, Laos, Australia, Vietnam, New Zealand, Nepal, Kamboja, Myanmar, dan Filipina.

Lomba dayung Musi Triboatton 2012 menggunakan tiga jenis perahu (boat), yaitu dragon boatrafting, dan kayak. Lokasi kegiatannya berlangsung di sepanjang Sungai Musi dan direncanakan melintasi rute sejauh 500 km yang dibagi dalam 5 level.

Musi Triboatton 2012 akan melibatkan lima kabupaten dan kota di Sumatera Selatan, yakni Kabupaten Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin dan berakhir di Palembang. Masing-masing kota tersebut memiliki budaya, kesenian daerah, dan makanan khas yang tentu akan menambah daya tarik kegiatan berskala internasional ini.

Selain itu, Musi Triboatton 2012 juga akan didukung sejumlah kegiatan, seperti bazaar, pagelaran seni dan budaya baik tradisional dan juga modern, pameran, festival kuliner, dan konser musik bertema lingkungan.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, mengemukakan bahwa Musi Triboatton 2012 merupakan program tetap Kementerian Pariwisata yang mendapat anggaran dana sekira Rp 4 milyar. Diharapkan kegiatan ini akan dapat mendorong pertumbuhan industri pariwisata di Sumatera Selatan karena secara tak langsung akan mengenalkannya ke dunia internasional.

 

Image

 

Penyelenggaraan wisata olahraga Musi Triboatton 2012 pada 6–11 November mendatang diharapkan mampu menduniakan Sungai Musi di Sumatera Selatan sebagai wisata sungai.

“Popularitas Sungai Musi yang tempo dulu dikenal sebagai pusat peradaban dan perdagangan bisa diangkat kembali melalui wisata sungai. Hal ini sudah dilakukan negara-negara maju di Eropa ataupun negara tetangga, seperti Thailand, yang telah mengembangkan river cruise,” kata Direktur Pencitraan Indonesia  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Esthy Reko Astuty saat acara senam sehat ‘‘Road to Musi Triboatton 2012” di halaman Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (19/10/2012).

Sesuai siaran pers yang diterima Kompas.com, Musi Triboatton diselenggarakan oleh Kemenparekraf yang terinspirasi dari lomba triatlon yang menggabungkan tiga olahraga sekaligus (renang, lari, dan balap sepeda).

Bedanya, Musi Triboatton memadukan tiga balap perahu sekaligus, yaitu arung jeram, kano, dan balap perahu tradisional. Para peserta akan menempuh jalur sungai sepanjang 500 km yang terbagi dalam enam etape, yang terbentang di empat kabupaten dan satu kota.

“Saya rasa ini merupakan lomba wisata olahraga terunik di dunia. Saya yakin dalam dua sampai tiga tahun ke depan, ajang Triboatton ini akan booming,” kata Esthy.

Musi Triboatton 2012 akan diikuti 10 tim dari Indonesia sebagai tuan rumah, Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Australia, Vietnam, Selandia Baru, Nepal, Kamboja, dan Myanmar. Para peserta akan berlomba dengan menggunakan peraturan lomba dayung dan arung jeram internasional dengan melibatkan juri dan pengawas dari organisasi olah raga dayung internasional di antaranya dari PODSI.

Sebagai upaya untuk menyukseskan penyelenggaraan Musi Triboatton 2012, Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwarparekraf) didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar  acara senam sehat ‘‘Road to Musi Triboatton 2012”.

Acara senam sehat yang diikuti  sekitar 400 peserta dari lingkungan Kemenparekraf, perwakilan 18 instansi pemerintah dan BUMN, komunitas kebugaran, para pelajar SMA, dan Putri Pariwisata Indonesia ini sebagai rangkaian sosialisasi untuk mensukseskan event internasional Musi Triboatton 2012.

“Belum lama ini Forwarperekraf menggelar ‘Fun Bike Road to Tour de Singkarak 2012’ untuk mensosialisasikan event Tour de Singkarak 2012, sementara kali ini menggelar senam sehat untuk menyukseskan Musi Triboatton 2012,” kata Tri Wibowo, Ketua Forwarparekraf usai mengikuti senam sehat.

Kegiatan senam sehat ‘‘Road to Musi Boatton 2012” dimeriahkan dengan hiburan musik, kuliner, serta tampilnya Putri Pariwisata Indonesia yang ikut senam bersama  dengan dipandu oleh instruktur senam profesional. Para peserta senam mendapat pemeriksaan kesehatan serta kesempatan untuk mendapatkan hadiah dari penarikan door prize.

Posted Oktober 22, 2012 by Mubawisata in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: