Jelang SEA Games, Palembang Kandangkan Bus Tua   Leave a comment

Palembang – Menjelang perhelatan olahraga SEA Games 2011 pada 11-25 November nanti Pemerintah Kota Palembang mulai membenahi kendaraan angkutan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Sumatera Selatan, Sarimuda, mengatakan kendaraan berusia di atas sepuluh tahun dan tidak laik jalan dilarang beroperasi. Itu karena kendaraan tua ini dikhawatirkan mogok. Selain itu kondisi fisiknya yang renta dinilai bisa merusak pemandangan.

“Jangan sampai terjadi kemacetan lalu lintas akibat ada bus yang mogok,” kata dia. Dengan pengandangan bus-bus tua yang kerap menimbulkan polusi berlebihan, pemerintah kota berharap udara kota bisa menjadi lebih segar selama acara berlangsung. Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang, armada transmusi dan taksi bermerek akan dikerahkan.

Rute kendaraan juga akan diatur kembali selama SEA Games. Menurut Sarimuda, selama prosesi pembukaan-penutupan nanti jalan protokol dari depan Masjid Agung hingga kompleks Jakabaring Sport City akan ditutup total dari lalu lintas, baik pribadi maupun angkutan umum.

Sejak kemarin Dinas Perhubungan telah menggelar uji petik untuk menilai kendaraan yang laik dengan yang tidak. Saat ini ada sekitar 340 buah bus yang beroperasi, dan sebagian besar berumur tua. Selain soal kelayakan, Dinas Perhubungan juga menggelar operasi kelengkapan surat, alat pengaman, dan stiker kendaraan.

Sebelumnya Direktur II Inasoc pusat, Muddai Madang, mendesak agar dinas terkait membenahi sistem transportasi massal di Palembang. Ia menilai sebagian besar angkutan umum tidak eye catching. Selain itu pula Muddai menginginkan agar anak jalanan dan pengemis harus segera ditertibkan dari jalanan di Kota Palembang. “Kita ini setiap hari kedatangan tamu asing, jangan sampai kesannya buruk di mata mereka,” kata Mudai.

Posted Oktober 19, 2011 by Mubawisata in Transport

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: