Brengkes, Pepesnya Wong Palembang   Leave a comment

Sajian Pepes, mungkin identik dengan suku Sunda. Tapi di Palembang ada juga makanan yang mirip dengan makanan dari Jawa ini. Namanya Brengkes. Dibaca dengan ‘E’ jelas, Brengkes menjadi salah satu menu makan siang masyarakat Palembang.
Brengkes adalah perpaduan antara citarasa sambal dan ikan sekaligus. Bagi sebagian orang, Brengkes dan Tempoyak itu sama. Jawabannya TIDAK. Tempoyak itu berbentuk sambal atau saos yang tambahannya bias berupa Udang, Teri dan Petai kemudian dibuat dengan cara ditumis dengan sedikit citarasa pedas, Brengkes dibuat dengan cara memasukkan beberapa elemen utama, yaitu: Tempoyak (sebagai saos utama citarasa), Ikan (Patin atau Belida), Cabe Rawit, Cabe Merah halus dan Petai. Dicampurkan dan ditata dalam satu bungkus dari daun pisang lalu kemudian dikukus hinggan matang. Tanpa menggunalkan minyak.
Minyak yang kita dapatkan pada saat akan menyantapnya adalah berasal dari Ikan yang dipakai. Pada umumnya, ikan Patin yang paling sering dipakai untuk membuat Brengkes. Karena jenis ikan ini dapat mengeluarkan minyak yang juga bias mematangkan Tempoyak.
Brengkes itu sendiri diambil dari kata Beringkes yang artinya merapikan / memasukkan kedalam satu wadah. Inilah yang menjadi cerminan yang bias dilihat dati tampilan Brengkes. Ketika Anda buka, Anda akan melihat susunan yang begitu rupa dalam bungkus daun pisang. Tersusun dan tertata, persis selaras dengan namanya.
Brengkes biasanya digandeng dengan Tempoyak sebagai teman yang pas. Juga tidak jarang ditemani dengan semangkuk Pindang Palembang yang menjadi penambah citarasa berkuah pada makan siang Anda.
Untuk mencoba makanan ini cukuplah mudah. Ada beberapa rumah makan Palembang yang menyediakan Brengkes sebagai menu andalan. Salah satunya adalah rumah makan Sarinande yang terletak disimpang lampu merah RS. Charitas di jalan Veteran.
Dengan jangkauan harga dikisaran Rp. 15.000,- sampai Rp. 20.000,- per porsi, saya jamin Anda akan merasakan kesegaran yang belum pernah Anda temukan pada menu-menu makan siang Anda sebelumnya.
Selamat mencoba.

Posted Mei 31, 2011 by Mubawisata in Culiner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: